Tuesday, September 27, 2005

Jago Masak *katanya,katanya ...*

Tadinya mau nulis tentang min haysu la yahtasib (rejeki dari arah yang tak disangka2) hari ini, karena ketemu lagi sama anak Perancis keturunan Senegal yang namanya Khadijah di koridor waktu mau belanja ke ALDI --itu kayak Alfamart di indonesia.. Dia senang banget ketemu saya *ge-er mode ON* karena ternyata dia muslimah dan sebel aja sama semua sistem di Belanda yang dia bilang -- jangan bilang2 yak, ini si Khadi loh yang ngomong--norak. Karena dia pernah tinggal di London dan Amerika tapi dia tidak pernah menemukan negara sepelit ini sama rakyatnya kecuali Belanda ("arrgh, this country took to much from their people"). Kita pertama kali ketemu waktu saya nongkrongin mesin cuci. lalu muncul anak kulit hitam seperti boneka barbie yang cantik dan mungil itu, bertanya gimana caranya menggunakan mesin cuci *idih, kirain akika aja yang datang dari udix, ternyata situ juga yah ?*

Dia balik lagi buat menemani saya belanja. Dan pulangnya dia mengajak saya buat makan siang di kamarnya. African food! nyam,nyam

Tapi ada yang menarik malam ini karena sore ini, pulang dari kampus, ketemu Ayako diruang tunggu depan Guesthouse lagi belajar dan dia bilang bahwa nanti malam, anak-anak Hongkong dan Singapore yang tinggal satu koridor sama kita berdua mengundang makan-makan. wah, ini yang ditunggu-tunggu. Sebab lama sekali ingin kenalan sama my fellow country asian women itu. Ada empat-lima dengan saya- orang asia di koridor saya, tapi selama ini kami cuma saling ber hai-hai saja, cuma baru kenalan sama Ayako dan anak Hongkong yang namanya Karen. Dan malam ini akhirnya kesampaian juga. Ayako bilang bahwa anak-anak Hongkong itu sekarang sedang belanja.Saya ingat-ingat apa yang ada dalam kulkas. Pisang tanduk --yang sedianya mau dibikin kolak--sama kulit lumpia (again!) dan tentu aja keju. Saya ingat Ayako pernah bilang bahwa dia kangen ingin makan lumpia yang isinya pisang *twink2, bright idea*, Okay, Aya i'll make some banana lumpia for u gals...

Jam enam, lagi sibuk-sibuk goreng, pintu kamar saya diketuk, ternyata Ayako dan serombongan anak Hongkong. Kenalan-kenalan, langsung tau ada Mei Ing dari Singapore, dan Wen Shen (Wendi) dari Hongkong dan tentu aja Karen. Di meja ada surimi lumpia sisa kemarin yang baru diangetin di microwave, dan tanpa malu-malu langsung diserbu. Semua pada bilang enak-enak, kamu jago masak yah ?! saya bilang ah, nggak. itu cuma coba-coba *merendahkan diri-menaikkan harga tapi kayaknya hampir kejedot eternit tuh* dan saya jadi malu hati aja waktu buka lemari dapur dan mereka langsung ber 'Aaahh..", "Ooouh ..." karena melihat bumbu-bumbu dan persediaan makanan saya *hik,hik... ini kan persiapan kalau nanti ada perang Belanda-Indonesia...* terus mereka observe sekitar dapur dan melihat kacang merah yang saya masak sembarangan pake pasta tomat dan kentang. Ayako langsung volunteer menawarkan diri buat nyobain, dan "Attin, can I have some of it for me ? because this is very good" bawa,bawa,bawa sana, sure,sure ... langsung saya bagi dua makanan yang menurut saya sih rendang gatot (gagal total) itu. Waktu mereka tanya itu apa namanya--saya mau bilang rendang tapi takut dikutuk jadi batu karena kualat ama orang awak-- saya cuma angkat bahu dan bilang "another of my experiment." Dan mereka langsung ber "Aaaah ..."

Jadi begitulah, sore itu saya didaulat sebagai pemasak terbaik around our block. Mei Ing terbelalak takjub waktu dia tanya saya bisa bikin pisang goreng nggak dan saya bilang bisa. Dan dia langsung kabur menarik-narik Wendi sambil menunjuk-nunjuk saya dan bicara dalam bahasa mandarin dengan menyebut-nyebut 'pisang goreng!' lalu Wendi terbelalak juga menatap saya seakan-akan saya baru menemukan mesin fotocopi yang bisa dipakai buat nelepon.

Doo, si Eneng, yang begituan mah di Indonesia sepotong kue-lah, piece of cake..., mamang-mamang juga bisa. Tapi disini, tukang gorengan ini berganti nama jadi 'she's a great cooker!'

ya ampun, kalau mereka ketemu Rudi Choiruddin, dibikinin patung kali yak tu orang *gubrak!*


1 comment:

BundaZidan&Syifa said...

hehehehhee.. seneng deh kenal sama si jago masak :D