Saturday, December 17, 2005

Dinner MPH

Waktu di tanya mau bawa apa ke makan malam ke tempat Anya, dengan pedenya saya langsung bilang "Aku bikin klepon deh!" padahal sumpe, kagak pernah punya pengalaman bikin klepon!pernah ngeliat sih dulu gimana si mamah bikin, tapi itu waktu jaman-jaman es de dulu. Tapi, aaah! percuma jadi penonton setia ibu Siska Suwitomo kalau bikin klepon aja ga bisa mah! Lagi pula saya pikir klepon itu Indonesia banget. dengan kelapa di luar dan didalam, it's so archipelago. jadi, mari kita liat apa yang kita punya di lemari:
santan kara (sip!)
pewarna pandan (sip!)
kelapa parut (ini beneran ada, di jual, tapi udah dalam bentuk dalam kemasan jaim
nan rapih. beda dengan produk kita yang segar, alami bin berantakan, hasil parutan
abang-abang di pasar)
gula merah
garam
tapi ga ada tepung ketan, eh bener kan pake tepung ketan?

akhirnya diputuskan benar. Jadi pulang kuliah hari terakhir sebelum liburan natal, langsung ke San Wah cari tepung ketan. pulangnya kehujanan, ketiup angin, basah dari ujung kepala sampai ujung kaki. benar-benar perjuangan untuk sebuah klepon.

Sampai di kamar langsung beraksi. Gula merah di kikir, lelehin santannya, campur sama air, buka tepung ketannya, siram! wah ... kok jadi encer gini? nggg ... tambahin .. sagu ? tambah sagu. hmmm... tidak lebih baik. terigu, mungkin? tambah terigu. lumayan, tapi tetap ga meyakinkan. lengket ga bisa dipulung. tambah lagi? nanti jadi siomay dong? tambah lagi ini, tambah lagi itu. akhirnya walaupun agak ga yakin ya sudahlah. didihkan air. pulung, isi dengan gula merah, masukkan ke air mendidih. pulungan pertama gagal, keburu berantakan sebelum masuk air. Tambah ini itu lagi. coba lagi, yes! bisa. Deg-degan mengamati nasib mereka di air mendidih. kalau semua berjalan sesuai rencana, maka dalam waktu beberapa menit akan ada bola-bola klepon mengapung di air mendidih. itu dia! diangkat dan melihat hasilnya. loh, kok ga bulat sempurna ya? mblabar mbleber gini kayak lukisan Salvador Dali ?Irene terbengong-bengong melihat saya. "are you ok?" ya, ya .. im fine. just have some feeling it shouldn't be look like this...

tapi pantang mundur deh, udah terlanjur.
Toh, saya masih punya Plan B, bikin Lumpia incase terjadi apa-apa sama Klepon. Akhirnya setelah satu jam-an, kleponnya jadi juga. Wuaw! not so bad after all!

Habis itu langsung di sambung dengan bikin Lumpia ala saya. Sebenarnya ga suka lumpia yang isinya rebung itu. baunya aneh aja. Lagi pula rebung disini mahal dan agak susah nyarinya. makanya saya selalu bikin dengan kentang dan wortel, sayuran favorit. kombinasi mereka berdua selalu enak dan warnanya juga cantik. Dan berdasarkan pengalaman, lumpia coba-coba ini tidak mengecewakan rasanya di lidah internasional. Jadinya, kalau di bawa ke international dinner seperti ini, tidak malu-maluin harkat dan martabat bangsa *gubrak!*
dan inilah lumpianya ....
oh ya bahan-bahannya?
kulit lumpia (dah jadi dong, mau bikin sendiri gitchu? ma kasi deh)
wortel dipotong kotak
kentang dipotong kotak (tp kalo mo improfisasi bikin segitiga, setengah lingkaran,jajaran genjang, juga boleh)
bawang bombay
bawang putih
merica
garam
gula
daun bawang
telur

selebihnya tau laah diapain ....
akhirnya dua-duanya di bawa ke tempat Anya. Hasilnya ? he he he... seperti yang diharapkan.
Oh ya, Caroline dari Colombia bawa starter chip n dip pake alpukat, Issabel dari peru bawa kentang mayonaisse isi ayam, Catherine bawa vlai buat dessert, Marriette bawa puding semolina (?) tradisional dutch, bergizi dan katanya biasa dikasih buat anak-anak, astri bawa tempe mendoan dan tumis kangkung, elida bawa ayam bumbu bali, Xu Jing bawa semacam dimsum isi jamur dan udang, Else bikin sup prei, beni bawa nasi (yaaa harap maklum saudara-saudara he he). Ga semuanya di foto, karena kelupaan. tapi, tanpa bermaksud ethnosentris, masakan Indonesia is the best!

No comments: