Thursday, January 05, 2006

tentang doa

Waktu beres-beres buku, tiba-tiba lihat buku yang pernah dihadiahin 'bunda' waktu mau berangkat dulu. Ada kertas dengan catatan kecil. Isinya doa shafar (perjalanan). Saya ingat, ini kalau nggak salah diambil dari sebuah buku punya mamah. Sebelum pesawatnya take off dari Soekarno Hatta, bulak-balik saya baca

Dengan Nama Allah, dengan Allah, dan Allah Maha Besar. Aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan Allah yang Maha Tinggi, Maha Agung. Apa yang dikehendaki Allah itu pasti terjadi dan apa yang tidak dikehendaki Allah, tidak akan terjadi. Maha Suci Zat yang menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali pada Tuhan kami. Ya Allah akku memohon kepada-Mu dalam perjalanan ini kebaikan, ketakwaan dan amal perbuatan yang Engkau ridhai. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami perjalanan ini dan dekatkanlah jauhnya untuk kami. Ya Allah, Engkau sahabat didalam perjalanan ini dan pengganti di keluarga dan harta. Ya Allah aku berlindung diri kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, pemandangan yang menyedihkan, kegagalan dan pemandangan buruk pada harta dan anak

lalu ada doa ketika memasuki sebuah kota/negeri yang baru

Wahai bumi Tuhanku, Tuhanmu adalah Allah. Sesungguhnya aku berlindung diri kepada Allah dari keburukanmu, keburukan apa saja yang ada padamu, keburukan apa yang diciptakan padamu dan yang berjalan di atasnya.

Ya Allah, beri kami ketenangan didalamnya dan berilah kami rezeki yang halal didalamnya. Ya Allah aku meminta kepada-Mu kebaikan kota ini dan kebaikan apa saja yang ada didalamnya. Aku berlindung diri kepada-Mu dari keburukan kota ini dan keburukan apa saja yang ada didalamnya.

ada masanya ketika hamdallah tak cukup lagi untuk semuanya

Ah, doa.
salah satu hal terindah yang Allah hadiahkan untuk manusia.
tak pernah rugi jika meminta.
diberi jadi sebuah kesyukuran
ditahan jadi tabungan akhirat yang meringankan
-----------------------------------------------------------------------
dan ketika ada yang bertanya "kapan balik ke Indonesia?"
semoga saja itu kerinduan suci yang melangit menjadi doa
*berdoa*

2 comments:

Anonymous said...

selamat hari senin

Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. » »